Assalamu'alaikum

Labels

Jumat, 03 Agustus 2012

Kado Tuk Buah Hati di Bulan Suci


Suatu ketika Rosul pernah membawa cucunya berjama’ah di masjid bahkan beliau pun tak segan tuk menggendong mereka ketika sholat. Di kesempatan lain beliau juga membangunkan keluarganya untuk mendirikan sholat malam di akhir bulan Romadhon. Dari sini kita dapat belajar dari kehidupan manusia terbaik bagaimana beliau melibatkan dan mulai mendidik anak dan keluarganya dalam ibadah. Kadang tak jarang pendidikan ini sudah dimulai sejak sang anak masih berusia dini. Hal ini dapat dimaklumi kiranya, karena keberhasilan kita dalam mendidik anak pada masa awal akan sangat mentukan keberhasilan mereka pada masa-masa selanjutnya. Bukankankah pepatah mengatakan mendidik anak pada masa dini bagai mengukir di atas batu namun mendidik anak di usia senja bagai mengukir di atas air.

Waktu tak terasa terus bergulir hingga membawa kita pada bulan penuh berkah. Bulan yang dinanti-nantikan seluruh muslim di seluruh dunia. Sebuah momen untuk pembekalan dan reparasi diri. Membekali diri dengan sebaik-baik bekal, iman dan takwa. Bukankah sebaik-baik bekal adalah takwa dan itu sejajar dengan tujuan kita digembleng  dan berpuasa di bulan ini, untuk menjadi orang-orang yang bertakwa (la’llakum tattaqun).


وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى (البقرة: 197).
“Bawalah bekal karena sebaik-baik bekal adalah takwa.” (QS. Al-Baqoroh: 197).

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ(البقرة: 831).
“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqoroh: 183).

Kita memang merasa bahagia dan senang dengan datangnya bulan Quran ini namun terkadang sebagian kita ada yang masih bertanya-tanya, persiapan apakah yang akan diberikan untuk sang buah hati di bulan suci ini? Apa stok makanan dan minuman yang cukup? Aneka mainan yang dapat menghibur mereka? Atau dengan kegiatan dan ibadah khusus yang akan menjadi kado spesial tuk bekal para buah hati satu tahun bahkan pada masa-masa mendatang di kehidupan mereka.

Ada sebuah artikel menarik yang dimuat pada majalah Al-Wa’yu al-Islami (sebuah majalah bulanan yang diterbitkan oleh Kementrian wakaf Kuwait) dan kami coba sempurnakan hingga dapat menjadi kado spesial bagi orang tua, para pendidik atau calon ayah dan bunda untuk para buah hati mereka. Selamat menikmati…
Bulan Romadhon memang menyimpan beribu pesan dan nilai di dalamnya  hingga kita dapat memanfaatkannya sebagai momentum untuk membekali anak, saudara atau tetangga kita dengan beberapa ibadah dan aktifitas ruhiyah. Dan dengan ini kita berharap bahwa Romadhon tidak hanya berarti bagi kita yang sudah mukallaf namun juga bagi mereka yang belum mendapatkan kewajiban syariat.  

Klasifikasikan usia anak kemudian tentukan porsi ibadahnya
Sebelum memperinci amalan-amalan dan ibadah yang dapat kita berikan pada sang buah hati. Pertama-tama kita harus terlebih dahulu membedakan usia mereka karena perbedaan usia tentu akan berdampak pada porsi dan jatah ibadah yang harus dijalani yang pastinya akan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.


Ibadah pertama yang dapat kita ajarkan pada sang buah hati adalah puasa. Ia merupakan ibadah “maestro” pada bulan ini. Bagi anak TK atau kelas satu SD kita cukup dengan memberikan support atau stimulan tentang puasa Romadhon. Kita tidak perlu terlalu memaksanya untuk berpuasa satu hari penuh namun disesuaikan dengan kekuatan sang anak. Namun bagi anak kelas tiga, empat dan seterusnya sebaiknya ia sudah harus dilatih berpuasa sehari penuh. Hal ini mengingat kemampuan anak yang berbeda, termasuk tingkat pemahaman anak terhadap puasa dalam kedua usia tadi yang tidak sama. Selain mengajarkan mereka urgensi dan fadhilah puasa, kita juga bisa mengiming-imingi mereka dengan hadiah atau semisalnya untuk lebih memotifasi mereka berpuasa. Walau ia bukan menjadi tujuan inti namun ia tetap dapat digunakan sebagai alat “perangsang” anak agar lebih terpacu dalam beribadah. 

Selain pendidikan puasa, Romadhon juga dapat menjadi momen yang tepat untuk melatih dan mensupport sang anak untuk sholat, baik sholat wajib atau pun yang sunnah. Minimal, kita dapat menggunakan momentum sholat tarawih untuk mengajak para buah hati ke masjid. Apalagi bila kita dapat membawa mereka untuk selalu sholat berjamaah di masjid.

Pengaruh pendidikan sholat pada bulan ini amatlah jelas. Selain mendapat pelajaran sholat secara teori mereka juga mendapat praktek yang nyata dari orang tua, teman dan tetangga sekitar. Tentunya ini akan sangat mempengaruhi mereka dalam mengamalkan sholat berjama’ah pada saat Romadhon atau masa-masa selanjutnya.

Bayangkan saja, bila kita sholat tarawih di masjid bersama keluarga. Minimal di sana sang anak akan dapat merasakan nikmatnya sholat, indahnya kebersamaan, merdunya lantunan ayat al-Quran dan manisnya ibadah di bulan suci ini. Dimana semua ini akan sangat berpengaruh pada psikologi sang anak.

Pendidikan lain yang dapat kita ajarkan pada sang buah hati di bulan rahmat ini adalah rasa kasih sayang pada orang fakir dan yang membutuhkan dengan mengajarkan mereka bersedekah. Apalagi pintu sedekah di bulan ini amat terbuka lebar, baik dengan berderma pakaian, makanan dan minuman, memberi buka puasa, berinfak untuk pembanganunan masjid atau donasi kepada para korban kelaparan dan pembantain yang ada di berbagai belahan dunia seperti di Burma, Siria, Palestina dan lain-lain.

Rosulullah juga telah memberikan contoh terbaik dalam berderma di bulan Romadhon, dimana beliau lebih banyak bersedekah di bulan ini dibanding bulan-bulan lainnya. Beliau juga menyatakan bahwa sedekah pada bulan ini merupakan sedekah yang paling banyak pahalanya (afdhol).

وقد كان رسول الله أجود الناس، وكان أجود ما يكون في رمضان، كان أجود بالخير من الريح المرسلة. (متفق علبه) 
“Rosulullah adalah manusia yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan ketiak bulan Romadhon, bahkan kedermawanannya lebih kencang dari angin yang bertiup.” (Muttafaq ‘alaih).

قال رسول الله صلى الله علي وسلم: "من فطر صائما فله مثل أجره من غير أن ينقص من أجر الصائم شيئا." (رواه الترميذي).
“Rosulullah Saw bersabda: siapa saja yang memberi buka orang yang berpuasa maka baginya seperti pahala orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang tesebut sedikitpun.” (HR. Tirmidzi).

Hal lain yang senada dengan poin di atas adalah mengunjungi kerabat atau mengundang mereka untuk berbuka puasa bersama. Selain kita dapat mengajarkan para generasi cilik kehangatan keluarga, kita juga dapat mengajarkan mereka indahnya berbagi.  Yang terpenting bagi para orang tua adalah penanaman nilai ini semua, bukan hanya sebatas ritual dan agenda keluarga semata namun harus juga diajarkan makna yang tersirat dari ini semua.

Tak kalah pentingnya, kita juga dapat memanfaatkan momentum ini dengan menanamkan mereka untuk cinta pada al-Quran. Salah satunya dengan melatih bacaan Quran. Apalagi lagi bulan ini merupakan bulan Quran, maka sangat tepat sekali kiranya kalau kita menanamkan kecintaan terhadap Quran. Kita juga sebaiknya memberi target bacaan, namun seperti sebelumnya kita pun harus mengklasifikasi usia anak. Bagi yang masih dibawah tujuh tahun bisa memulai dengan menamatkan Iqro atau Qiroati, adapun yang sudah lancar membaca Quran sebaiknya ada jumlah target yang harus dibaca dalam sehari. Dengan ini semoga pendidikan ini akan menghasilkan kenikmatan bukan malah menjadi beban yang membosankan hingga nantinya ditinggalkan.

Momen Romadhon juga sering digunakan untuk ajang berbusana muslim. Walau terkadang sebagian orang menjadikannya sebagai “akting” musiman namun paling tidak kita menemukan kesadaran yang lebih pada bulan ini. Hampir seluruh elemen berlomba menutup aurat, baik dari kalangan ustadz, pejabat hingga artis dan presenter. Kami kira ini merupakan acuan yang positif kepada para buah hati untuk mulai belajar menutup aurat dan berbusana muslim agar kelak ia terbiasa. Bukankah ala bisa karena biasa, jadi kalau bukan dari sekarang kapan lagi!

Pelajaran lain yang dapat kita berikan pada sang buah hati adalah bagaimana menghormati orang lain dan waktu-waktu yang mulia seperti Romadhon. Pada saat ini kita dapat memberikan asupan pendidikan bagaimana tata krama dan cara meghormati orang lain dengan tidak makan atau minum di hadapan orang puasa, tidak mengundang kemarahan  mereka atau hal-hal yang dapat mengurangi kekhusyu’an ibadah puasa. Kita juga dapat memberitahu mereka akan penting dan sucinya bulan ini, hingga mereka dapat merasakan berharga dan bernilainya bulan ini. Firman Allah SWT:      
ومن يعظم شعائر الله فإنها من تقوى القلوب (الحج: 32)    
“Dan siapa saja mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah maka sesungguhnya hal itu timbul dari ketakwaan hati.” (QS. Al-Hajj: 32).

Para muslim juga diwajibakan menunaikan ibadah zakat di bulan ini yang sering kita kenal dengan zakat fitrah. Sebagai proses pembelajaran, tak ada salahnya kalau kita juga mulai memberitahukan pada anak bahwa mereka harus membayar zakat walau kali ini dibayarkan olah para orang tua. Dari sini, paling tidak sang anak tahu bahwa mereka mempunyai satu kewajiban yang harus ditunaikan pada bulan suci ini yaitu membayar zakat fitrah. Maka para orang tua dapat membawa anaknya untuk ikut mengantarkan zakat ke amil terdekat atau memberi contoh padanya jika memang para amil berkeliling rumah.

 
Istana Rindu-Lembah Juang Kairo, 15 Romadhon 1433 H
* Alhamdulillah, tulisan ini dimuat di Buletin Ramadhan SINAI (Studi Informasi Alam Islami) Kairo
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Most View Product

Saksi Bisu

Saksi Bisu